Breaking News

TIGA PUSKESMAS DI KOTA PALANGKA RAYA LULUS AKREDITASI FKTP PADA BULAN SEPTEMBER 2017

 

Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, termasuk Puskesmas merupakan upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan yang dilakukan melalui membangun sistem Manajemen Mutu, Penyelenggaraan Upaya Kesehatan, dan Sistem Pelayanan Klinis untuk memenuhi standar akreditasi yang ditetapkan dan peraturan perundangan serta pedoman yang berlaku. Untuk membangun dan membakukan sistem manajemen mutu, sistem pelayanan, perlu disusun pengaturan-pengaturan (regulasi) internal yang menjadi dasar dalam pelaksanaan upaya kesehatan di Puskesmas, baik upaya kesehatan masyarakat maupun upaya kesehatan perorangan.

Akreditasi Puskesmas merupakan salah satu upaya untuk memastikan bahwa puskesmas telah siap melaksanakan fungsi dan perannya. Karena itu Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Bina Upaya Kesehatan dasar sejak tahun 2011 telah mulai melakukan akreditasi terhadap Puskesmas sebagai bentuk implementasi atas butir ke lima dari Nawa Cita “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia” yang juga telah dijadikan sebagai indikator RPJMN dan Renstra.

Setelah melewati tahapan-tahapan : Lokakarya Penggalangan Komitmen, Workshop Pemahaman Standar dan Instrumen Akreditasi, Workshop Self Assessment, Penyusunan Dokumen, Implementasi, dan Pra Survey, tiga Puskesmas di Kota Palangka Raya yaitu Pahandut, Panarung, dan Menteng kedatangan Tim Surveyor yang digawangi oleh dr. Hj. Anita Nuzulia, M.Kes, pada tanggal 26 s.d 28 Juli 2017. Tim Surveior Akreditasi FKTP yang bertugas di Kota Palangka Raya adalah :

Puskesmas Pahandut :
1. dr. Hj. Anita Nuzulia, M.Kes (Admen, Ketua Tim)
2. Noor Ali Purnama, SKM (UKM)
3. drg. Elisabeth Meilina Waluyatrie, MDSc, Sp. KGA (UKP)

Puskesmas Panarung :
1. Nunung Joeniartin, SKM, M.Kes (Admen, Ketua Tim)
2. dr. Penina Regina Bebena, MPHM (UKM)
3. dr. Surjani Sidharta (UKP)

Puskesmas Menteng :
1. Gusti Bagus Kertayasa, SKM, M.Kes (Admen, Ketua Tim)
2. Kadar Abidin, SKM, ME (UKM)
3. dr. Ririn Kustirin, M.Kes (UKP)

Pelaksanaan survey akreditasi untuk ketiga Puskesmas ini, mundur dari jadwal yang ditentukan. Menurut Road Map Akreditasi Puskesmas di Kota Palangka Raya, semestinya pada bulan November 2016 telah dilakukan survey di Puskesmas Pahandut, Panarung, dan Menteng. Namun karena beberapa hal, survey baru dilaksanakan pada bulan Juli 2017.

Puji syukur ke hadlirat Allah SWT, hasil survey terhadap ketiga Puskesmas tersebut telah diumumkan pada bulan September 2017. Melalui surat pemberitahuan dari ketua Komisi Akreditasi FKTP nomor:TU.01.03/VI.14/1782/2017 tanggal 22 September 2017, status kelulusan akreditasi Puskesmas di Kota Palangka Raya adalah sebagai berikut:

1. Puskesmas Pahandut Kode Puskesmas P6271010101 Status Akreditasi DASAR
2. Puskesmas Panarung Kode Puskesmas P6271010202 Status Akreditasi DASAR
3. Puskesmas Menteng Kode Puskesmas P6271012203 Status Akreditasi MADYA

Apapun status kelulusan akreditasi Puskesmas yang diterima, merupakan cambuk bagi Puskesmas Pahandut, Panarung, dan Menteng, untuk berupaya lebih keras lagi mencapai hasil yang lebih baik lagi di 3 tahun mendatang. Begitu juga bagi Puskesmas lainnya yang masih nunggu jadwal survey Tim surveyor dari Komisi Akreditasi, pengalaman. Bulan November 2017, diupayakan 3 puskesmas lainnya bisa menyusul sebagai sasaran survey akteditasi Puskesmas, yaitu Puskesmas Bukit Hindu, Kayon, dan Jekan Raya.

Tinggalkan Balasan