Breaking News

SURVEY AKREDITASI PUSKESMAS DI KOTA PALANGKA RAYA TAHUN 2019

Kota Palangka Raya mempunyai 11 puskesmas, baik di daerah perkotaan maupun di daerah aliran sungai (DAS). Dari 11 puskesmas, telah dilakukan survey Akreditasi oleh Komisi Akreditasi FKTP sebanyak 6 puskesmas di tahun 2017 (Pahandut, Panarung, Menteng, Bukit Hindu, Kayon, dan Jekan Raya), dan Tahun 2018 ada 2 puskesmas (Tangkiling dan Marina Permai).

Tahun 2019 survey Akreditasi perdana dilaksanakan di 3 puskesmas (Kereng Bangkirai, Rakumpit, dan Kalampangan). Puskesmas Kereng Bangkirai dilaksanakan survey akreditasi perdana pada tanggal 22 sd 26 Juli 2019. Sedangkan Puskesmas Rakumpit dan Kalampangan paling terakhir mendapatkan giliran survey akreditasi, yaitu pada tanggal 9 sd 13 Oktober 2019. Pada tahun 2020, beberapa Puskesmas di wilayah Kota Palangka Raya, akan mendapatkan giliran survey Re-Akreditasi FKTP.

Puskesmas Rakumpit merupakan Puskesmas Non-Rawat Inap yang terletak di Daerah Aliran Sungai (DAS) tepatnya di Kecamatan Rakumpit, dengan wilayah kerja meliputi 7 Kelurahan (Petuk Bukit, Pager, Panjehang,Gaung baru, Petuk Barunai, Mungku Baru, dan Bukit Sua), dimana sebagian besar kelurahan tersebut terletak di daerah aliran sungai. Puskesmas Rakumpit juga merupakan Puskesmas yang kurang diminati oleh tenaga kesehatan, hal ini terlihat dari Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Tahun 2018, pada jenis tenaga kesehatan tertentu, tidak ada calon/pendaftar yang berminat. Sedangkan Puskesmas Kalampangan terletak di Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sebangau, dengan wilayah kerja 50% merupakan daerah aliran sungai (DAS) dan 50% daerah pedesaan di perbatasan antara Kota Palangka Raya dan  Kab Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya hadir pada acara Opening Meeting Survey Akreditasi Puskesmas di Puskesmas Kalampangan pada tanggal 10 Oktober 2019

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya hadir pada acara Pre-Meeting Survey Akreditasi Puskesmas di Puskesmas Rakumpit dan  Kalampangan pada tanggal 09 Oktober 2019

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.