Breaking News

SOSIALISASI “GERAKAN MASYARAKAT CERDAS MEMAKAI OBAT” (GeMa CerMat) KOTA PALANGKA RAYA TAHUN 2017

Seringkali dijumpai berbagai masalah di masyarakat dalam penggunaan obat, misalnya penggunaan obat bebas dan penggunaan antibiotika secara tidak tepat dan kurangnya pemahaman tentang cara menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar. Hal ini disebabkan masih kurangnya pemahaman masyarakat dan perilaku yang salah dalam penggunaan obat.

Penggunaan obat bebas (OTC) tanpa pengetahuan dan informasi memadai dapat menyebabkan masalah kesehatan baru, misalnya dosis berlebihan, durasi tidak tepat, kejadian efek samping, interaksi obat/penyalahgunaan obat, dan sebagainya.

Dalam penggunaan antibiotika yang tidak tepat dan berlebihan, malah dapat meningkatkan kejadian Antimicrobial resistance (AMR) atau resistensi bakteri terhadap antibiotika. Bila hal ini berlanjut terus akan sangat berbahaya, dimana bila terjadi infeksi bakteri namun tidak ada antibiotika yang dapat membunuh bakterinya karena sudah resisten.

Untuk mengatasi semua permasalahan tersebut, perlu dilakukan edukasi terhadap masyarakat melalui Gerakan Masyarakat Cerdas Memakai Obat (GeMaCerMat). Gerakan ini merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar.

Gerakan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar. Selain itu juga meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat secara benar dan meningkatkan penggunaan obat secara rasional.

Sasasran GeMaCerMat adalah masyarakat umum khususnya Tenaga kesehatan di Puskesmas dan Anggota Tim Penggerak PKK Kelurahan, organisasi kemasyarakatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal 12 September 2017 di Ruang Rapat Peteng Karuehi II Komplek Pemerintah Kota Palangka Raya, dan dihadiri 100 orang berasal dari tenaga kesehatan di puskesmas,  Tim Penggerak PKK Kelurahan dan Organisasi Kemasyarakatan.

Sumber dana kegiatan SOSIALISASI GERAKAN MASYARAKAT CERDAS MEMAKAI OBAT (GeMa CerMat) DI PALANGKA RAYA TAHUN 2017 berasal dari DAK Non-Fisik (BOK) yang teralokasikan pada DPA-SKPD Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Tahun 2017.

Tinggalkan Balasan