Breaking News

PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) KE – 53 TAHUN 2017 TEMA : “KELUARGA SEHAT INDONESIA KUAT”

Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 diperingati pada tanggal 12 November 2017 dengan tema “Keluarga Sehat Indonesia Kuat”. Tema ini sejalan dengan tujuan pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga yang lebih dikenal dengan PIS – PK. Program ini dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan, menggunakan pendekatan keluarga dan mengintegrasikan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan.

Pelaksanaan PIS – PK dalam pembangunan bidang kesehatan selain melibatkan kerjasama lintas program juga harus mendapatkan dukungan dari lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku hidup bersih dan sehat guna meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia yaitu kesehatan terjaga, produktif, lingkungan yang bersih dan biaya berobat berkurang. Dengan peningkatan kualitas hidup manusia pada akhirnya dapat membentuk Bangsa Indonesia yang kuat dan berdaya saing tinggi di era globalisasi.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) dilaksanakan sebagai salah satu media sarana sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS – PK) melalui Gerakan Masyarakat Indonesia Sehat. Adapun rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HKN ke-53 Tahun 2017 antara lain :

  1. Lomba Balita Sehat Tingkat Kota Palangka Raya, dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2017 bertempat digedung BP PAUD dan Diknas Provinsi Kalimantan Tengah.
  2. Jalan Sehat keluarga besar Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dan UPTD Puskesmas se – Kota Palangka Raya, dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2017 bertempat di halaman Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dan area Perkantoran Walikota Palangka Raya.
  3. Lomba Senam Sehat Bugar, dilaksanakan pada tanggal 10 November 2017 bertempat di halaman kantor Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya
  4. Kampanye Cerdik dengan aktifitas fisik (senam massal) bersama Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah yang diselenggarakan pada tanggal 12 November 2017 bertempat di lokasi Car Free Day Bundaran Besar Kota Palangka Raya.
  5. Kampanye Makan Buah dan Sayur, dilaksanakan pada tanggal 8 November 2017 bertempat di Aula Hotel Dandang Tingang Kota Palangka Raya.

Tinggalkan Balasan