Breaking News

PERAN KESEHATAN PADA EVENT PALANGKA RAYA FAIR TAHUN 2017

Event Palangka Raya Fair tahun 2017 merupakan event yang diselanggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Palangka Raya yang ke – 60 yang jatuh pada tanggal 17 Juli 2017,  dan Hari Jadi ke – 52 Pemerintah Kota Palangka Raya yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2017. Event ini diikuti oleh seluruh SOPD Pemerintah Kota Palangka Raya, termasuk Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya. Dalam pelaksanaannya ada beberapa ketentuan yang telah diatur melalui keputusan rapat persiapan event Palangka Raya Fair pada tanggal 26 Juli 2017. Adapun tema yang diusung dalam event Palangka Raya Fair Tahun 2017 adalah “Sinergitas membangun ekonomi kerakyatan melalui koperasi dan UMKM dalam memasuki Pasar masyarakat ekonomi  ASEAN”. Event Palangka Raya Fair adalah sarana yang efektif dan representatif sebagai media promosi, transformasi dan penyebarluasan informasi tentang kearifan lokal, kekayaan daerah, peluang investasi, faktor-faktor pendukung dibidang Ekonomi, Industri serta produk Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) dari peserta yang mengikuti Palangka Raya Fair ke – 9 tahun 2017.

Derajat kesehatan yang optimal bagi seluruh masyarakat Kota Palangka Raya adalah salah satu faktor pendukung utama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan kesehatan yang optimal maka masyarakat Kota Palangka Raya akan menjadi lebih produktif dan memiliki daya saing tinggi. Oleh sebab itu peran Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat menjadi sangatlah penting.

Event Palangka Raya Fair ini menjadi salah satu ajang bagi Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya untuk mempromosikan dan mensosialisikan program-program bidang kesehatan yang telah dilaksanakan. Beberapa potret kegiatan yang ditampilkan antara lain; Pelaksanaan kegiatan promosi kesehatan melalui pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan sepuluh indikator,  pelaksanaan kegiatan screening Penyakit Tidak Menular (PTM) dalam rangka sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM), pelaksanaan kegiatan Akreditasi Puskesmas dalam rangka meningkatkan mutu dan kinerja pelayanan kesehatan melalui sistem manajemen mutu serta penyelenggaraan UKP dan UKM yang terstandart, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit menular, dan proses perizinan terkait  pengobatan tradisional, praktek swasta, klinik kesehatan, dll.

Selain hal tersebut di atas, event Palangka Raya Fair Tahun 2017 ini menjadi media bagi Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dalam mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga. Program ini menitik beratkan pada upaya promotif preventif dengan malalui pemberdayaan masyarakat untuk mencapai kemandirian dalam menjaga dan meningkatkan kesehatannya. Selain itu, gerakan masyarakat hidup sehat merupakan program yang melibatkan semua sektor untuk dapat mendukung dan terlibat langsung dalam pembangunan bidang kesehatan.

Adapun tujuan dari event Palangka Raya Fair 2017 selain untuk mensosialisasikan kegiatan-kegiatan program kesehatan, sehingga pengetahuan masyarakat tentang program-program bidang kesehatan meningkat, dan diharapkan masyarakat dapat mendukung dan berperan secara aktif dalam pelaksanaan pembangunan bidang kesehatan.

Sasaran dari penyelenggaraan pameran kesehatan melalui event Palangka Raya Fair Tahun 2017 ini adalah seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kota Palangka Raya. Event Palangka Raya Fair dilaksanakan selama lima hari pada tanggal 5 – 9 Agustus 2017, di Stadion Sanaman Mantikei Jl. A. Yani Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah.

 

Tinggalkan Balasan