Breaking News

PENETAPAN STATUS AKREDITASI TERHADAP 5 PUSKESMAS DI KOTA PALANGKA RAYA

Puji syukur ke hadlirat Allah SWT, hasil Survey Akreditasi FKTP terhadap 5 (lima) Puskesmas di Kota Palangka Raya pada Tahun 2018 lalu, telah diumumkan oleh Komisi Akreditasi FKTP. Melalui surat pemberitahuan dari ketua Komisi Akreditasi FKTP, status kelulusan akreditasi Puskesmas di Kota Palangka Raya adalah sebagai berikut:

No. Nama Puskesmas Kode Puskesmas Status Akreditasi
1. Puskesmas Kayon P6271012201 DASAR
2. Puskesmas Jekan Raya P6271012204 DASAR
3. Puskesmas Tangkiling P6271020101 DASAR
4. Puskesmas Marina Permai P6271060908 MADYA
5. Puskesmas Bukit Hindu P6271012202 DASAR

Apapun status kelulusan akreditasi Puskesmas yang diterima, merupakan cambuk bagi Puskesmas Kayon, Jekan Raya, Tangkiling, Marina Permai, dan Bukit Hindu, untuk berupaya lebih keras lagi mencapai  hasil yang lebih baik pada Re-Akreditasi di 3 tahun mendatang. Begitu juga bagi Puskesmas lainnya yang masih nunggu jadwal survey  akreditasi di tahun 2019, yaitu Puskesmas Kereng Bangkirai, Kalampangan, dan Rakumpit.

Pembangunan kesehatan merupakan aspek penting dalam kerangka pembangunan nasional. Tujuan diselenggarakannya pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Keberhasilan pembangunan kesehatan akan sangat mendukung peningkatan mutu dan daya saing sumberdaya manusia Indonesia.

Untuk mencapai tujuan pembagunan kesehatan nasional, diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu. Puskesmas merupakan garda depan dalam menyelenggarakan upaya kesehatan dasar. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 menjadi landasan hukum dalam penyelenggaraan Puskesmas, yang merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten /Kota sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya.

Agar Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal diperlukan adanya pengelolaan organisasi puskesmas secara baik yang meliputi kinerja pelayanan, proses pelayanan, serta sumber daya yang digunakan. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka upaya peningkatan mutu, manajemen risiko dan keselamatan pasien di puskesmas serta menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu.

Untuk menjamin bahwa perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskemas, diperlukan adanya penilaian oleh fihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan, yaitu melalui mekanisme akreditasi. Tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko. Tentu saja akreditasi ini bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.