Breaking News

PELANTIKAN MABISAKA DAN PIMSAKA BAKTI HUSADA KOTA PALANGKA RAYA MASA JABATAN 2017 – 2021

Dalam rangka mewujudkan bangsa yang berdaya saing, salah satu arah yang ditetapkan adalah mengedepankan pembangunan sumber daya manusia, yang ditandai dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI). Salah satu unsur penting bagi peningkatan IPM adalah derajat kesehatan.

Pembangunan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan dapat dilaksanakan dengan melibatkan generasi muda, yaitu  salah satunya adalah pelajar sekolah menengah pertama maupun menengah atas. Generasi muda merupakan bagian terbesar dari jumlah penduduk yang menjadi salah satu sasaran pemberdayaan masyarakat melalui pengkaderan bidang kesehatan. Pembangunan kesehatan dapat mencapai hasil yang maksimal dengan partisipasi aktif generasi muda, oleh karena itu peran generasi muda dalam pembangunan kesehatan perlu ditingkatkan. Pemberdayaan generasi muda di bidang kesehatan salah satunya adalah melalui Gerakan Pramuka, melalui pembentukan anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husada (Surat Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Cabang Palangka Raya Nomor 22 Tahun 2017 tentang Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada, dan Surat Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Cabang Palangka Raya Nomor 23 Tahun 2017 tentang Pimpinan Saka Bakti Husada Palangka Raya). Diharapkan Saka Bakti Husada merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan ketrampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan bagi generasi muda untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan dan mampu menjadi kader kesehatan baik di keluarga maupun lingkungannya. Jumlah keanggotaan Saka Bakti Husada yang cukup besar akan sangat berarti sebagai kader pembangunan kesehatan di garis terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Pelantikan 48 orang Pengurus Saka Bakti Husada Palangka Raya masa Jabatan 2017-2021 dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2017 di Aula Peteng Karuhai II Kota Palangka Raya, dilantik secara resmi oleh Dr.Ir Mofit Saptono Subagyo, M.P selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Palangka Raya. Prosesi Pelantikan diawali dengan mengucapkan Tri Prasetya Pramuka yang dipimpin oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Palangka Raya, kemudian dilanjutkan dengan pengucapan ikrar oleh drg. Andjar Hari Purnomo,M.MKes selaku Ketua Mabisaka Bakti Husada Palangka Raya masa jabatan 2017-2021. Prosesi pelantikan diakhiri dengan penyematan tanda jabatan saka Bakti Husada kepada Ketua Mabisaka dan Pimsaka Bakti Husada Palangka Raya.

   

Tinggalkan Balasan