Breaking News

LOMBA BALITA INDONESIA ( LBI ) TINGKAT KOTA PALANGKA RAYA TAHUN 2018

Pembangunan kesehatan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber Daya manusia di Indonesia, hal ini dapat dicapai melalui peningkatan peran kita bersama dan untuk mencapai tujuan dimaksud maka pembangunan kesehatan terbagi menjadi beberapa upaya pokok yang salah satunya adalah kesehatan ibu dan anak.

Upaya kesehatan yang dilakukan sejak masih didalam kandungan sampai lima tahun pertama kehidupannya ditujukan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya sekaligus untuk meningkatkan kualitas hidup anak agar mencapai tumbuh kembang yang optimal baik fisik, mental, emosional maupun sosial serta memiliki kecerdasan yang baik.

Oleh karena itu masa lima tahun pertama kehidupan balita merupakan masa yang sangat peka terhadap lingkungan dan tidak dapat diulang lagi, maka masa balita ini disebut sebagai “ Masa Keemasan “ dan Masa Kritis” mengingat balita sebagai calon generasi penerus bangsa, kualitas tumbuh kembang balita perlu mendapat perhatian serius yaitu mendapat gizi yang baik, stimulasi yang memadai serta terjangkau oleh pelayanan kesehatan yang berkualitas termasuk deteksi dini tumbuh kembang melalui kegiatan Lomba balita Sehat yang kita laksanakan pada hari ini.

Salah satu upaya pembinaan dan pengembangan anak balita, dengan meningkatkan kesehatan balita melalui usaha promotif, yaitu peran serta masyarakat dalam kegiatan Lomba Balita Sehat Indonesia. Adapun tujuan Lomba Balita Sehat Indonesia adalah

  1. Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal.
  2. Meningkatkan motivasi masyarakat dalam pembinaan dan pengembangan kesehatan balita.
  3. Meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita.

Lomba Balita Indonesia (LBI) tingkat Kota Palangka Raya Tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2018 di Aula Aula BP2PNFI  Jl. Tjilik Riwut Km. 5,5  Kota Palangka Raya. Lomba Balita Indonesia ini diikuti 19 peserta wakil dari 10 puskesmas yang ada di Kota Palangka Raya.

Penilaian dibagi dalam 4 (Empat) bagian, yaitu :

  1. Penilaian Status Gizi secara umum menggunakan Indeks Antropometri WHO 2005 (BB/U, TB/U, BB/TB dan IMT/U) anak.
  2. Penilaian KIA/KB meliputi status anak, status imunisasi , pendidikan orang tua, pekerjaan orang tua, usia orang tua saat kelahiran anak pertama dan penggunaan kontrasepsi/KB.
  3. Penilaian gigi dan kesehatan anak secara umum, yang meliputi keadaan fisik anak dan pertumbuhan gigi sesuai umur anak.
  4. Penilaian psikologi anak, meliputi kemampuan dan perkembangan anak sesuai umur berdasarkan  format skala perkembangan balita.

Adapun juara/pemenang LBI  tingkat Kota Palangka Raya Tahun 2018 adalah :

Pemenang Kategori Umur 2 – 5 tahun

JUARA NAMA ANAK NAMA BAPAK/IBU UTUSAN PUSKESMAS JUMLAH NILAI
I KENSHI  MARSHA ANINDITA SUPRIADI P./ EKA PUTRI MENTENG 730,3
II MUHAMAD YAZID M. FIRMANSYAH PAHANDUT 710
III DINA ALLYA R KUSTINAH/SARWANI KALAMPANGAN 708,2

Pemenang  Kategori Umur 6 – 24 bulan

JUARA NAMA ANAK NAMA BAPAK/IBU UTUSAN PUSKESMAS JUMLAH NILAI
I AULIA IZZATUNISA SENTOT TRIONO/ SITI MARFUAH MARINA PERMAI 800,8
II M. REZKY ADITYA KAMSIR/ OKUI YANI BUKIT HINDU 766,128
III ALORA GLORIA MELODI/ MANTI RAKUMPIT 765, 57

Selanjutnya kepada para pemenang diberikan hadiah berupa piala dan souvenir yang sudah disiapkan oleh panitia. Pemenang atau juara I dari masing-masing kategori juga akan disiapkan untuk mengikuti Lomba Balita Indonesia Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 November 2018.

Tinggalkan Balasan