Breaking News

KEGIATAN OUTBOUND STAF DINAS KESEHATAN KOTA PALANGKA RAYA BEKERJASAMA DENGAN BAPELKES PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Keberadaan suatu organisasi sangat didukung adanya tiga pilar utama agar dapat berjalan dengan baik. Tiga pilar itu terdiri dari keberadaan SDM yang baik, sistem penataan organisasi yang baik, serta proses bisnis yang biasanya dianggap sebagai target capaian organisasi dalam visi dan misi. Tentunya, aspek SDM baik dari sisi kuantitas maupun kualitas dapat dilihat dari sisi knowledge, skill dan attitude. Dari sini tentu difahami bahwa capacity building adalah proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan ketrampilan,serta sikap dan perilaku.

Harus disadari bahwa berkembang tidaknya suatu organisasi sangat dipengaruhi adanya kepedulian dan kualitas SDM dalam menggerakkan organisasi. Dengan demikian, proses peningkatan kapasitas (capacity building) dan pembangunan karakter (character building) SDM menjadi hal yang mutlak dilakukan.  Dalam proses ini tentu dilakukan dengan beragam cara, baik melalui pelatihan berbasis kompetensi, pembinaan pola karir yang jelas, tugas belajar, dan outbound, yang kesemuanyta itu untuk meningkatkan performa SDM organisasi dalam menjalankan tugasnya.

Kegiatan outbound pada capacity building kali ini bertujuan membentuk pola pikir dan sikap mental yang sesuai dengan sistem, yaitu : “ Membangun Kinerja Unggul” melalui perubahan pola pikir dan sikap mental. Metode efektif yang dipakai dalam program pelatihan ini ialah membuka kesadaran peserta atas kelemahan dan kelebihan pribadinya serta memberikan stimulan kejiwaan untuk merangsang perubahan pola pikir dan sikap mental agar dapat mengembangkan potensi dirinya mencapai kinerja yang unggul.

Peserta outbound kali ini berjumlah 110 orang, terdiri dari pejabat struktural, tenaga fungsional, dan staf/karyawan lainnya di Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya. Tim fasilitator adalah Widyaiswara dan Tim Outbound Bapelkes Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan Outbound ini dilaksanakan dari tanggal 22 s/d 24 September 2017 selama 30  JP (@ 45 menit), bertempat di Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Jl. Yos Sudarso No. 14 Palangka Raya, didanai dari dana KTR yang teralokasi pada DPA Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Tahun 2017.

Tinggalkan Balasan