Breaking News

KAMPANYE MAKAN BUAH DAN SAYUR (MakByur)

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku yang dilakukan atas kesadaran sehingga individu dan keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. PHBS di Rumah Tangga adalah upaya memberdayakan anggota rumah tangga agar tau, mau dan mampu melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. Di mana PHBS ini bertujuan untuk mencapai Rumah Tangga Sehat.

Indikator PHBS Rumah Tangga terdiri dari 10 (sepuluh) perilaku yang dipraktikkan yaitu; (1)Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan, (2)Memberikan bayi ASI Eksklusif, (3)Menimbang bayi dan balita secara teratur, (4)Menggunakan air bersih, (5)Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, (6)Menggunakan jamban sehat, (7)Memberantas jentik nyamuk, (8)Makan buah dan sayur, (9)Beraktifitas fisik setiap hari, dan (10)Tidak merokok di dalam rumah.

Adapun manfaat yang dapat dirasakan oleh individu dan keluarga yang ber PHBS antara lain; setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas, anggota keluarga menjadi lebih produktif, menurunnya biaya pengobatan sehingga pengeluaran biaya rumah tangga dapat lebih ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga, pendidikan dan modal usaha dalam menambah penghasilan keluarga. 

Individu, keluarga dan masyarakat yang ber PHBS adalah juga merupakan sasaran dari pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS – PK) yang telah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Program ini dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan, menggunakan pendekatan keluarga dan mengintegrasikan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan.

Selain itu, PHBS juga sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dimana untuk tahun 2016 – 2017 berfokus pada tiga tema yaitu; melakukan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, dan memeriksakan kesehatan secara berkala. Terkait hal tersebut, maka Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya bermaksud melaksanakan kegiatan “Kampanye PHBS” yang dititikberatkan pada indikator kedelapan yaitu ”Makan Buah dan Sayur (MakByur)”.

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh serta mencegah kerusakan sel. Serat berfungsi untuk memperlancar pencernaan dan menghambat perkembangan sel kanker usus besar. Berbagai kajian menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan koleterol darah. Sehingga dengan konsumsi sayur dan buah secara teratur akan memberikan asupan gizi seimbang dan mencegah penyakit, khususnya penyakit tidak menular (PTM).

Melalui kegiatan kampanye makan buah dan sayur ini diharapkan masyarakat akan lebih terbuka wawasannya tentang pentingnya konsumsi gizi seimbang dengan memasukkan buah dan sayur dalam porsi makanannya setiap hari. Dengan bertambahnya pengetahuan dan dengan bimbingan petugas kesehatan ini maka masyarakat akan mau dan mampu untuk mempraktikkan dan merubah perilakunya menjadi lebih sehat.

Adapun  sasaran dari Kampanye Makan Buah dan Sayur adalah Petugas Kesehatan, Kader Kesehatan, Pendidik/guru dan anak sekolah, Institusi Pendidikan Kesehatan dan Lintas Sektor Terkait.

Kampanye Makan Buah dan Sayur yang dilaksanakan pada tanggal 20 November 2017 di Hotel Dandang Tingang Palangka Raya.

 

 

2 comments

  1. Buah dan sayur memang memiliki manfaat yang sangat luar biasa, tapi memang kebanyakan masyarakat masih kurang peduli dalam hal ini. semoga kedepan masyarakat semakin sadar betapa pentingnya buah dan sayur.

Tinggalkan Balasan